Peluang Kehadiran Industri Kreatif di Indonesia

Peluang Kehadiran Industri Kreatif di Indonesia – Kehadiran ekonomi kreatif memberikan peluang baru bagi Indonesia untuk mengembangkan perekonomian kreatif. Substitusi impor dan permintaan ekspor adalah bentuk peluang yang telah ada. Tetapi, ekonomi kreatif sangat bergantung pada pengembangan sumberdaya manusia dengan talentanya menjadi masukan utama dalam perputaran ekonomi kreatif.

Peluang Kehadiran Industri Kreatif di Indonesia

Ekonomi kreatif juga tidak terlepas dari perkembangan seni dan teknologi. Produk kreatif bukan hanya berasal dari gagasan seni dan budaya tetapi juga gagasan intelektual dan pengetahuan. Oleh karena itu, talenta dan modal intelektual harus dikembangkan kalau Indonesia mau menangkap peluang ekonomi kreatif.

Indonesia sudah ketinggalan lebih dari sepuluh tahun dalam mengembangkan industri kreatif. Diperlukan kebijakan yang bersifat terobosan terutama untuk menyatukan pandangan para pengambil kebijakan di tataran kementerian dan pemerintah daerah.

Sementara itu, pelaku industri kreatif juga perlu diberikan insentif dan mekanisme agar mau berinvestasi dalam kegiatan riset dan pengembangan, dan akhirnya mampu menghasilkan produk dan jasa kreatif.

Komunitas dan kelas kreatif juga perlu didorong supaya berkembang, terutama dalam hal perlindungan hak dan kekayaan intelektual dan dibebaskan dari eksploitasi yang timpang dalam rantai produksi produk dan jasa kreatif.

Jika para pemegang kepentingan ekonomi kreatif tidak mampu menciptakan sinergi, maka dapat diramalkan bahwa bangsa Indonesia hanya menjadi pengguna produk kreatif yang berasal dari Negara lain. Selain itu, talenta dan modal intelektual juga menjadi percuma karena tidak mampu diubah menjadi daya saing yang menentukan kesejahteraan bersama sebagai suatu bangsa.

Pada umumnya negara berkembang mempunyai sumber daya alam dan budaya yang melimpah. Namun, pengelolaan sumber daya di negara berkembang belum maksimal. Dalam pengelolaan sumber daya fisik dan kultural dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang dapat mengubah sumber daya fisik dan kultural sehingga menjadi sebuah barang atau jasa yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Selama ini, dalam kancah perekonomian global negara berkembang hanya berperan sebagai penyedia bahan baku (raw material) untuk negara maju, yang di negara maju bahan baku tersebut diolah lalu dijual ke negara berkembang dengan nilai ekonomis yang lebih tinggi. Dalam rangka mengejar ketertinggalan di bidang ekonomi negara berkembang harus dapat mengelola sumber daya yang ada sehingga mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Kendala utama dalam pengembangan ekonomi kreatif di negara berkembang adalah belum terciptanya budaya kreatif di masyarakat. Masih rendahnya penghargaan atas ide dan hak cipta menyebabkan pengembangan ekonomi kreatif di negara berkembang masih lambat

Ekonomi Kreatif telah dikembangkan di negara-negara di dunia dengan berbagai pendekatan studi dan dianggap sebagai salah satu sektor yang perlu serius untuk dipertimbangkan karena berkontribusi besar terhadap perekonomian.

Demikian info tentangĀ Peluang Kehadiran Industri Kreatif di Indonesia semoga bermanfaat.

Sumber: Sukses Membangun Industri Kreatif, Irwan Sudayat SE

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.