Agar Menjadi Pribadi yang Kreatif dan Inovatif

komunitas sb1m

Agar Menjadi Pribadi yang Kreatif dan Inovatif – Kreativitas tidak selalu berkaitan dengan sesuatu yang besar. Untuk menjadi kreatif, kita tidak harus mengembangkan kreasi yang menggemparkan atau mengubah dunia.

Cukup dengan ide-ide yang sederhana yang mempercepat proses kerja, mengurangi kerusakan, meningkatkan mutu produk atau layanan. Oleh sebab itu, meskipun berjalan seiring dengan tingkat kecerdasan, kreativitas bukan monopoli orang pintar, dia bisa tumbuh pada diri siapapun, di situasi apapun.

Agar Menjadi Pribadi yang Kreatif dan Inovatif

Agar bisa kreatif, kita membutuhkan kepedulian terhadap hal-hal yang berkaitan dengan yang kita kerjakan. Dengan bersikap peduli, mata kita akan lebih jeli untuk melihat hal yang bisa kita benahi. Entah itu berupa keadaan, proses ataupun hasil. Ide perbaikan bisa mengalir dengan sendirinya. Seperti pepatah “saat murid siap. Sang guru akan datang”.

Pasukan Synergy

Orang-orang kreatif seringkali mengungkapkan ide-ide baru bukan karena mereka lebih cerdas, melainkan mereka lebih peduli. Meminjam istilah salah seorang atasan yang respek, mereka tidak bekerja seperti zombie, yang biasa melakukan pekerjaan seperti kebiasaan, tanpa penjiwaan.

Sebaliknya mereka peduli terhadap tanggung jawab dan tugasnya. Mereka tidak bekerja dengan prinsip, “dari dulu juga begitu”, tetapi selalu mencari tahu “mengapa begini, mengapa begitu” dan kemudian menggagas “bagaimana kalu begini, bagaimana kalau begitu”.

Pasukan Synergy

Kita bisa tiba pada ide tentang “bagaimana kalau…” Jika kita menguasai pekerjaan kita. Tanpa pemahaman yang memadai tidak mungkin muncul ide kreatif. Hanya sekedar tahu bagaimana mengoperasikan mesin fotokopi misalnya, tidak akan membuat kita mampu meningkatkan proses atau hasilnya. Agar ide peningkatan itu bisa mengalir, kita perlu menguasai berbagai hal berkaitan dengan pengoperasian mesin tersebut.

Semakin tinggi penguasaan kita, semakin banyak ide yang kita pancarkan, dan semakin tinggi pula kualitasnya. Karena itu, kita sendiri perlu terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Tidak boleh berpuas diri atau mengandalkan penguasaan standar.

Intinya, kita tidak boleh berhenti belajar. Anytime you stop striving to get better, you’re bound to get worse. Harus diakui, perubahan dinamis saat ini membuat penguasaan kita cepat menjadi ketinggalan jaman. Karena itu, dibutuhkan cinta untuk memancing ide kreatif keluar dari sarangnya. Ketika kita mencintai pekerjaan, kita tidak hanya ingin melakukannya dengan gembira, tetapi juga terpacu untuk terus meningkatkannya.

Semakin besar rasa cinta kita terhadap yang kita kerjakan, semakin banyak pula ide yang mengaliri benak kita. Sebalikya semakin banyak ide perubahan positif yang bisa kita terapkan di pekerjaan, semakin besar cinta kita terhadap pekerjaan tersebut. Sungguh sebuah virtuous circle yang memotivasi.

Untuk menjadi kreatif, kita tidak perlu membayangkan Einstein dengan teori relativitasnya atau Wright Bersaudara dengan pesawatnya. Kreativitas bisa tumbuh dari hal-hal kecil dan sederhana. Tingkatkan saja kepedulian, kecintaan dan penguasaan kita terhadap apa yang kita lakukan, ide pun akan datang dengan semua nilai tambahnya.

Demikian info tentang Agar Menjadi Pribadi yang Kreatif dan Inovatif semoga bermanfaat.

Sumber: Sukses Membangun Industri Kreatif, Irwan Sudayat SE

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.